CARA AMAN BONGKAR LAPTOP

Ø Tidak melepas Baterai saat membongkar perangkat vital seperti (LCD, Memory, Harddisk, dll)

Lupa melepas baterai saat mempreteli laptop memang sangat jarang terjadi, karena pada umumnya jika ingin membongkar laptop secara keseluruhan baterai harus di lepas terlebih dahulu. Namun adakalanya pada sebagian laptop untuk melepas memory, harddisk, lcd dan sebegainya tidak perlu membongkar laptop secara keseluruhan (bisa bongkar yang diperlukan saja). Nah, saat itulah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya korslet (hub pendek) antar komponen, kerusakan LCD, dll akibat tersentuh obeng, keringat dan sebagainya. Untuk itu saya sangat menyarankan jika Anda ingin mengganti atau hanya sekedar membersihkan komponen laptop Anda, jangan lupa lepas baterai terlebih dahulu.
Ø Tidak menggunakan Tools yang sesuai

Salah tools atau peralatan seperti obeng memang tidak terlalu berakibat fatal pada kerusakan mekanis Laptop dan Hardware, akan tetapi tidak bisa diabaikan begitu saja. Kesalahan tools yang sering terjadi misalnya tidak menggunakan obeng yang pas dengan baut yang bisa merusak baut, lecet, dan semakin susah di lepas. Kesalahan tools yang bukan untuk kegunaan tersebut misalnya pisau, gunting, dll yang bisa merusak bodi laptop sehingga tidak enak di pandang.
Tidak memahami bentuk dan tipe komponen seperti socket flexibel keyboard, touchpad, flexibel LCD, dll

Benar-benar awam dalam hal bongkar pasang laptop memang bisa berakibat fatal jika dipaksakan, misalnya saja Anda belum mengetahui bentuk dan karakter socket kabel flexibel keyboard, maka kejadian yang mungkin akan terjadi adalah Anda akan menarik, mencongkel, atau mendorong pengunci pada socket kabel flexibel tersebut. Syukur-syukur kalau yang Anda yang Anda lakukan pas dengan karakter socket, namun jika tidak maka saya pastikan Anda akan merusak socket tersebut dan akan sangat sulit untuk bisa diperbaiki. Maka dari itu saya sarankan sekali bagi Anda yang benar-benar baru pertama kali bongkar pasang laptop, selalu hati-hati, pelan-pelan dan perhatikan dengan teliti bentuk dari komponen tersebut agar Anda paham cara melepas dan memasangnya.

Ø Tidak memasang Baut/Sekrup sesuai dengan ukuran dan panjangnya 

Mungkin sebagian orang mengangap baut pada laptop itu masalah sepele, asal muat pasang saja. Tahukan Anda bahwa dari produsen Laptop (Notebook/Netbook) mereka telah merancang dan mendesain bodi laptop sedemikian rupa agar kokoh dan mudah untuk maintenence. Apa jadinya jika baut yang diberi kode dengan F8 (contoh saja) anda pasang pada baut dengan kode F4? Ngak, masalah jika lobangnya dalam, namun akan sangat jadi masalah bila ternyata lobangnya pendek dan dekat ke papan mainboard. Apabila Anda paksakan memasang bautnya maka resiko terbesar adalah baut merusak jalur pada layer utama mainboard yang bisa berakibat fatal seperti laptop mati total, tidak tampil, korslet (hubungan arus pendek), dll. 
Jika Anda tidak mau hal tersebut terjadi, maka pasanglah baut sesuai dengan kode dan ukurannya. Jika terlanjur Anda bisa mengatasi jalur yang putus dengan memberi jumper, namun jika itu komponen yang rusak terkena baut terpaksa Anda harus menggantinya, apakah itu IC, resistor, kapasitor dll. Membahas tentang komponen saya yakin jika Anda benar-benar pemula, maka Anda akan sangat kesulitan untuk mengganti komponen tersebut sendiri, apalagi tanpa peralatan yang lengkap.


Comments

Popular Posts